Ad Code

Responsive Advertisement

VIRTUALBOX - PENGENALAN, CARA KERJA, SERTA MANFAAT

Hai kawan, udah lama nggak pos lagi. rasanya kangen nulis lagi. walaupun dulu cuma sebagai kewajiban prakerin, tetapi semakin lama rasa suka menulis itu tumbuh sendirinya. Kali ini saya akan membahas tentang virtualbox. Karena akhir-akhir ini saya sering bergantung dengan virtualbox sebagai apliaksi virtualisasi saya. mulai dari topologi mikrotik dan Client-Server. Jadi kita mulai dari awal dulu ya dari pengenalan virtualbox.


Oke sebelumnya kita harus tau "Apa itu VirtualBox?"
Virtualbox sendiri adalah sebuah aplikasi gratis/open source yang digunakan untuk mendukung penginstallan Sistem Operasi di dalam SistemOperasi atau bisa disebut juga Virtualisasi. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa membuat dan menjalankan sistem operasi/Virtual Machine Linux ataupun Windows dibawah sebuah Sistem Operasi Utama.


Setelah mengerti tentang virtualbox, selanjutnya kita harus tau "Apa manfaat Virtualbox?"
 1. Sebagai Pembelajaran - Nah dari segi pembelajaran, Virtualbox ini sangat membantu dalam menunjang pembelajaran. misalnya kita bisa belajar bagaiman cara install sistem operasi yang belum pernah kita install sebelumnya. walaupun secara virtual, cara installasi SO sendiri tidaklah berbeda dengan installasi yang asli. jadi sangat cocok untuk pembelajaran.
2. Mengal Banyak Sistem Operasi - kita bisa menginstall berbagai jenis SO di virtualbox ini. jadi semakin banyak kita menginstall SO di Virtaubox, kita juga bisa tahu banyak tentang SO tersbut.
3. Hemat - dengan Virtualbox kita bisa hemat Resource. misalnya untuk menginstall berbagai SO kita tidak perlu beli sebuah PC lagi untuk menginstall SO yang berbeda.
4. Open Source / gartis - Virtualbox adalah aplikasi yang gratis jadi kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli apliaksi ini. walaupun gratis, apliaksi ini memiliki banyak fitur yang tersedia. Selain itu juga kita bisa terhindah dari perbuatan dosa yaitu pembajakan aplikasi.
5. Mudah dalam pengoperasian - Membuat dan menghapus VM atapun SO sangatlah mudah. tinggal di klik-klik sudah jadi sebuah VM/SO maupun sudah bisa menghapusnya. Selain membuat dan menghapus, ternyata juga sangat mudah dalam membuat tiruan/clone SO yang sudah diinstall. Jadi pengoperasiannya sangatlah mudah.
6. Sebagai simulasi jaringan - Ini adalah salah satu manfaat yang saya sangat rasakan. kita bisa merancang topologi jaringan secara logikal di Virtualbox. Sebuah sistem operasi jaringan, SO client, bahkan RouterOS seperti mikrotik bisa di install di Virtualbox ini.

Setelah lebih mengerti tentang VirtualBox, kita juga harus tahu "Bagaimana cara kerja Virtualbox?"
 1. Installasi -  dimulai dengan installasi, Virtualbox ini adalah apliaksi Multiplatform/mendukung berbagai sistem operasi. kita bisa menginstall Virtualbox ini di SO Linux maupun di Windows. untuk installasi Virtualbox, saya akan bahas di postingan berikutnya.
2. Buat VM - VM/Mesin virtual merupakan simulasi sebuah PC/hardware. disini kita bisa membuat VM sesuai spesifikasi yang kita butuhkan. seperti kapasitas RAM, kapasitas HArddisk, hingga jumalh NIC yang aktif. Saya juga akan membahas ini dipostingan berikutnya.
3. Install Sistem Operasi - Setelah membuat VM [setelah tersedia hardwarenya] kita bisa menginstall sistem operasi di VM tersebut. kita bisa install So Linux maupun Windows.
4. Jalankan Sistem Operasi - Setelah SO sudah terinstall, kita bisa coba hidupkan VM dan mulai mengoperasikan SO sesuai kebutuhan.

Sebenarnya masih banyak hal yang harus dibahas tentang Virtualbox ini, tapi disini saya hanya bermaksud memberikan penjabaran tentang pemahaman saya tentang Virtualbox. Memang kalau membicarakan ilmu, tidak akan ada habisnya, jadi harus tetap belajar begitupun saya.
Jika ada yang mau ditanyakan bisa tulis di kolom komentar,
terimakasih telah berkunjung.

Post a Comment

2 Comments

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)