Ad Code

Responsive Advertisement

TOPOLOGI JARINGAN LAN DENGAN SATU SERVER DENGAN PACKETTRACER

 
Hai.. Kali ini saya kan menambah Satu server di jaringan LAN saya. OK langsung saja tutorialnya.

1. Pertama Kita harus memmbuat Jaringan LAN terlebih dahulu. Sebelumnya saya telah membuat Jaringan LAN. untuk membuat Jaringan LAN bisa Berkunjung kenPostingan Saya Sebelumnya "RANCANGAN JARINGAN LAN MENGGUNAKAN PACKETTRACER"

2. Kita tambahkan Server terlebih dahulu dengan cara Masuk ke menu End Device, Kemudian Pilih Server. Geser Server Ke Lembar Kerja.


3. Kemudian kita hubungkan Server ke Switch yang terhubung ke jaringan LAN. untuk menghubungkannya, bisa menggunakan kabel tipe Stright. Caranya, Masuk ke menu Connection lalu Pilih kabel Tipe Stright. Klik Server lalu Klik Switch. Jika terkoneksi, Ring akan berwarna hijau.


4. Kemudian beri IP address pada Server. Carnya Klik Server > Lalu pindah ke tap Desktop > Pilih IP Configuration.


5. Pada Ip Configuration, akan diminta untuk memasukkan IP Address. masukkan Ip Address yang satu Network dengan Jaringan LAN. Jaringan LAN yang telah saya buat memiliki Network 192.168.1.0 dengan netmask 255.255.255.0. Jadi Ip Address akan saya isi 192.168.1.6 dan subnetmask saya isi 255.255.255.0 . Jika sudah selesai, kelur dari konfigurasi.


6. Kemudian kita Cek dengan perintah Ping Di Command Promt. caranya klik salah satu PC/ Client > Pindah ke menu Desktop > Pilih Command Line.



7. Masukkan perintah ping ke ip server. Jika berhasil, akan muncul pesan Reply from 192.168.1.6.


Nah.. dengan begini, jarinag LAN dengan satu Server berhasil dibuat. sekian dari saya, terimakasih telah berkunjung.

Post a Comment

0 Comments