Ad Code

Responsive Advertisement

VIRTUALBOX - MEMBUAT VM VIRTUALBOX


Seperti janji saya pada postingan sebelumnya bahwa saya akan memposting tentang “membuat VM di Virtualbox”. Udah tau VM kan? Kalau belum ayo simak sedikit penjelasan berikut:

VM atau Virtual Mechine atau dalam bahasa indonesia Mesin Virtual adalah sebuah perngakat fisik [PC, Router, dll] yang bersifat virtual. Mesin virtual ini layaknya sebuah perangkat fisik, karena mesin ini mememiliki kapasitas harddisk yang dimiliki, jumlah core processor, kapasitas RAM, CD/DVD room, bahkan Network Adapter/NIC. Karena sebuah mesin virtual disebuah perangkat fisik, jadi kebutuhan tersebut mengambil resource pada perangkat fisiknya. Misalnya kita diminta untuk menginstall 3 busah sistem operasi yang berbeda. Masing-masing perangkat membutuhkan 1 core processor, 512 RAM, 10 GB Harddisk. Tetapi kita hanya memiliki 1 buah komputer dengan spesifikasi Core-i5 [4 core], 4 GB RAM, dan 320 Harddisk. Maka untuk membuat VM di komputer kita, kita bagi masing-masing resource fisik ke mesin virtual. 

1. Langkash pertama untuk membuat vm dengan virtualbox yaitu buka virtualbox. Cara membukanya bisa pakai terminal dengan memasukkan perintah berikut:

sheha@naruto:~$ virtualbox
2. Kemudian akan muncul tampilan virtualbox seperti berikut. Klik NEW [icon matahari] untuk memulai membuat VM baru.




3. Kemudian akan muncul tamplan Name and operating system. Di tahap ini, kita diminta untuk memberi nama VM dan memilih jenis apa yang akan digunakan. Disini saya akan coba menginstall windows 7. jadi saya isi tahaban ini seperti berikut >> Klik Next.



4. Ditahap berikutnya Memori size atau alokasi memrori RAM. Disini kita diminta untuk menentukan kapasitas RAM yang akan digunakan. Pada virtualbox, secara default akan menampilkan jumlah minimal RAM yang bisa digunakan untuk menginstall Windows7. Tetapi jika windows7 bisa berjalan lancar, direkomendasikan mengisi RAM sebesar 2 GB. Karena saya cuma buat latihan, jadi saya biarkan secara default yaitu 512 MB. Ok dilangkah ini langsung next saja.



5. Kemudian tahap alokasi harddisk. Disini akan secara otomatis menampilkan jumlah kapasitas harddisk yang akan digunakan. Misalnya terlihat pada gambar besar harddisk minimal yang dibutuhkan adalah 25 GB. Selain alokasi harddisk, kita diminta untuk memilih tiga metode penamban harddisk.
a. Do not add a virtual hard dirver – berarti kita tidak akan menambahkan sebuah harddisk. Secara nyata, pc tanpa harddisk tidak akan bisa diinstall sebuah operasi. Jadi pilihan ini tidak usah dipilih.
b. Create a virtual hard drive – berarti kita akan membuat harddisk sebesar 25 GB tadi secara virtual.
c. Use as existing virtual hard drive file – berarti kita tidak akan menambahkan sebuah harddisk ke VM kita, tetapi VM kita akan menggunakan sebuah harddisk virtual lain. Opsi ini berguna apabila kita membackup sebuah server berupa VM di virtualbox, dan ketika VM server akan dipindahkan ke VM yang lain, tinggal link'an file harddisk di VM yang akan jadi tujuan.
Disini saya memilih opsi yang kedua dan klik Creat.



6. Dilangkah ini masih berhubungan dengan harddisk yaitu file type dari harddsik. Disini kita pilih opsi pertama saja yaitu VDI/ virtual disk image karena kita akan memulai menginstall windows7 dalam bentuk image/ISO. Kita langsung klik Next saja.



7. Kemudian tahap storage on physical hard drive. Ini masih berhubungan dengan harddisk. Ditahap ini membahas hubungna dengan physical harddisk. Jika kita pilih Dynamically allocated, virtual harddisk di VM tidak akan bisa diubah dan dibagi kembali. Sedangkan jika kita pilih Fixed size, kita bisa membuat system yang lain jika kita inginkan. Disini saya akan pilih Dynamically allocated karena VM ini cuma buat latihan :D. klik Next.



8. Ditahap ini masih berhubungan dengan harddisk. Disini akan menentukan alokasi harddisk. Walaupun ditahap 6 tadi sudah disebutkan 25 GB sebagai minimal installasi, ditahap ini kita bisa menambahkan atau mengurangi kapasitas harddisk untuk VM kita. Ditahap ini saya pilih langsung Creat saja.



9. Nah, sekarang VM sudah jadi. Kita bisa melihat spesifikasi VM kita dislide sebelah kanan.dititu tertera secara rinci Nama PC, harddisk, RAM, Display, dll. Untuk setting lanjutan, kita bisa pilih menu setting atau jika kita ingin langsung menginstall windows 7 kita bisa pilih langsung menu Start.



Sekarang VM sudah berhasil dibuat. Terimaksih telah berkunjung di blog saya, jika ada yang mau ditanyakan bisa ditanyakan di kolom komentar.

Post a Comment

0 Comments