Ad Code

Responsive Advertisement

MENGINSTALL MONITORIX DI DEBIAN SERVER


Hai.. Kali ini saya akan berbagi tentang pengalaman saya tentang instalasi Monitorix pada debian server. Monitorix sendiri merupakanaplikasi untuk memonitori/memantau layanan dan sumber daya sistem sebanyak mungkin. Ok langsung saja tutorialnya:

1. Pertama, kita harus menginstall beberapa kebutuhan/depensi dari aplikasi monitorik ke server kita. apklikasi tersebut adalah rrdtool perl libwww-perl libmailtools-perl libmime-lite-perl librrds-perl libdbi-perl libxml-simple-perl libhttp-server-simple-perl libconfig-general-perl libio-socket-ssl-perl. caranya masukkan perintah berikut:
apt-get install rrdtool perl libwww-perl libmailtools-perl libmime-lite-perl librrds-perl libdbi-perl libxml-simple-perl libhttp-server-simple-perl libconfig-general-perl libio-socket-ssl-perl


2. Kemudian kita download fiel monitorix yang berupa .deb di website resmi monitorix http://www.monitorix.org/downloads.html .karena disini server saya Debian, saya pilih monitorix untuk Debian. Klik Link unntuk mendownload. jika ingin langsung mendownload dari server, kita bisa copy alamat yang tersedia lalu masukkan perintah pada server dengan wget. tetapi disini saya mendownload di laptop saya dengan bantuan Download Manager sehingga lebih efisiensi waktu.


3. Kita save File.


4. Kemudian kita akan copy file yang telah kita download yang berada di folder Downloads ke komputer Server. disini saya akan menggunakan scp(secure cp) untuk mengcopy ke Komputer server. caranya masukkan perintah berikut:
scp [Tempat_File_Berada] [user_server]@[nama_komputer_server]:[tempat_file_yang_akan dicopy]

5. Jika selesai akan muncul seperti gambar dibawah ini.


6. kita kembali ke ssh ke Server. kita copa lihat ke direktori dimana kita meletakkan file monitorix. lalu kita "ls" untuk melihat daftar isi direktori tersebut. jika pengcopyan berhasil, maka file monitorix berada di direktori tersebut.


7. Kemudian kita copy file monitorix ke directory home. caranya masukkan perintah berikut:
cp [nama_file] /home/

NB : Jika kita lewat scp langsung kita copy ke direktory file system seperti /home /var kita biasanya tidak diberi izin karena belum mendapat hak akses.

8. kita lihat coba di file home apakah berhasil di copy atau tidak dengan masuk ke direktori home lalu "ls".


9. Kemudian masukkan perintah berikut:
dpkg -i [file_monitorix]

10. Setelah selesai, kita coba buka browser dan masukkan pada url [ipserver/dnsserver]:8080/monitorix. misalnya server saya memiliki DNS sheha.com maka di url saya akan saya isi url: sheha.com:8080/monitorix. jika berhasil akan muncul tampilan berikut.


11. Kemudian klik OK. setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut:


Nah.. Sekarang kita telah memasang monitorix pada server kkita sehingga kita akan lebih mudah untuk memantau server kita. mungkin cukup untuk kali ini semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjunng di blog saya.

Post a Comment

0 Comments