Ad Code

Responsive Advertisement

BLC Telkom Klaten || Mikrotik || Hari Pertama Prakerin


                       Senin, 11 Januari 2016

                       Kholid Nur Sheha
                       BLC Telkom Klaten







 Hari pertama saya Prakerin di BLC Telkom Klaten pada tanggal 11 Januari 2016. Hari Pertama ini, banyak pelajaran yang dapat saya ambil. sebelumnya, saya tanya-tanya terlebih dahula sama teman-teman kos tentang hari pertama di BLC Telkom. tentu saja sebagai orang baru, saya harus tahu apa yang harus saya kerjakan. untuk pertama kali, saya ditanya oleh Mbah Suro ( Pemimpin BLC Telkom) tentang apa yang akan dikerjakan untuk hari ini. saya memutuskan untuk memahami Mikrotik. karena dalam waktu dekat, saya akan mengikuti MTCNA disekolah saya.



 Tentang mikrotik itu sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet. bisa dibilang Mikrotik adalah sebuah Router yang memiliki fungsi untuk menghubungkan komputer-komputer yang berbeda network kedalam jaringan tunggal.

 Selain fungsi utama tersebut, Mikrotik memiliki beberapa fungsi lain, seperti:
  1. Pengaturan koneksi internet dapat dilakukan secara terpusat dan memudahkan untuk pengelolaannya.
  2. Konfigurasi LAN dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan PC Mikrotik Router OS dengan hardware requirements yang sangat rendah.
  3. Blocking situs-situs terlarang dengan menggunakan proxy di mikrotik.
  4. Pembuatan PPPoE Server.
  5. Billing Hotspot.
  6. Memisahkan bandwith traffic internasional dan local, dan lainnya.
 Untuk Jenis Mikrotik sendiri, terdapat dua jenis Mikrotik. yaitu:
  1.  Mikrotik RouterOS™
 Adalah versi MikroTik dalam bentuk perangkat lunak yang dapat diinstal pada Personal Computer (PC) melalui CD. dapat diartikan Mikrotik ini dapat menjadikan PC biasa memiliki fungsi router yang lengkap dan diinstal sebagai Sistem Operasi.

    2. Build in Hardware Mikrotik
 Merupakan MikroTik dalam bentuk perangkat keras yang khusus dikemas dalam board router, atau sering disebut routerBoard, yang di dalamnya sudah terinstal sistem operasi MikroTik RouterOS. Mikrotik menggunakan RouterOS sebagai software, sebagai Wireless board (RB400, RB600, RB750, RB1000), dan sebagai Wireless interface (R52, R52H, R5H, R52N, R2N).

Mungkin cukup disini saya bercerita untuk hari pertama ini. sebenarnya masih banyak yang saya pelajari pada hari pertama ini, seperti Perkenalan bersama teman-teman, Konfigurasi Mikrotik, dan masih banyak lagi pelajaran lainnya. tetapi untuk hari ini saya fokuskan untuk mempelajari Mikrotik. Jadi cukup sampai disini saja, jika masih ada yang kurang, saya mohon maaf.
Terima Kasih.

Kunjungi juga Blog teman saya :
http://asnuldwi.blogspot.co.id
http://novidwilestari2.blogspot.co.id/2016/01/v-behaviorurldefaultvmlo.html
http://mustofarobi.blogspot.co.id/2016/01/hari-pertama-prakerin-di-blc-telkom.html

Post a Comment

0 Comments