Ad Code

Responsive Advertisement

BackUp VM Pada Proxmox

Hai kawan..
Kali ini saya akan berbagi tentang membackup VM pada proxmox. Backup sendiri adalah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data komputer sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan. kalau tujuan saya sekarang ini untuk membackup VM saya. karena saya masih latihan, agar nantinya dapat di restore dan digunakan kembali dari awal.

langkah-langkahnya :

1. Kita masuk terlebih dahulu ke proxmox. kemudian pilih data center > pilih storage > klik Add.


2. kamudian akan muncul tampilan seperti ini. disini akan diminta untuk menentukan parameter yang akan dibuat sebagai storage baru. ID saya isi backup. directori saya isi /var/backup. Content saya  pilih semua pilihan. Nodes saya pilih proxmox. checklist enable. boleh di checklist boleh tidak pada share. Max Backup saya isi 2. kliki Add.


3. Kemudian cek apakah storage sudah berhasil atau tidak. tanda berhasil, storage yang kita buat akan muncul pada daftar.


4. Kemudian kita pindah ke VM yang telah dibuat. pilih menu backup > Backup Now.


5. Kemudian akan tampil tampilan seperti ini. isikan parameter yang dibutuhkan. pilih storage yang telah yang kita buat tadi. mode = snapshot. Compression pilih GZIP (good). Klik Backup.


6. Tunggu Proses seperti dibawah ini hingga status OK.





7. Kemudian lihat apakah kita telah berhasil membackup. tanda telah berhasil, file yang telah kita backup telah muncul di daftar (tunggu hingga muncul).




Nah.. Data saya telah berhasil di backup. jadi jika saya ingin latihan dari awal lagi, tingga saya backup. mungkin cukup disini dulu saya berbagi tentang backup. silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments