Ad Code

Responsive Advertisement

KONFIGURASI WEB SERVER || APACHE2 & PHP5



Hai.. kali ini saya akan berbagi tentang web server. Server web atau peladen web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.

Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.

Aplikasi Web Server yang terkenal adalah Apache. Apache merupakan aplikasi free berbasis OpenSource yang dikenal tangguh dan sering dipakai oleh server-server di seluruh dunia. Apache sendiri sudah tersedia di repositori DVD maupun internet Debian 7.x, sehingga tidak perlu lagi susah-susah mendownload Apache di Internet.

Langsung saja tutorialnya :

1. Pertama kita buka terminal di Laptop/PC. karena saya akan mengkonfigurasi server, maka saya akan meremote server menggunakan ssh. cara meremote ssh dapat dilihat pada postingan MEREMOT SERVER MENGGUNAKAN SSH.


2. Kemudian kita harus masuk sebagai root. setelah masuk root, kita akan menginstall Apache, dengan cara ketikkan perintah berikut:
apt-get install apache2


 Kemudian akan muncul konfirmasi, kita ketikkan Y kemudian enter. atau jika memilih Y, langsung enter juga bisa.

 3. Setelah proses instalasi selesai, kita buka Browse kita. ketikkan pada url dengan alamat ip server kita. jadi url : 10.10.121.3 . jika berhasil, maka akan tampil-tampilan seperti berikut:



4. Kemudian kita akan menginstall php. dengan cara masukkan perintah seperti berikut :

apt-get install php5

Sama seperti apache, kita akan diminta untuk mengkonfirmasi instalasi. ketikkan Y lalu enter. atau langsung enter aja juga boleh.

NB: Kita install aplikasi php5 yang lain juga. caranya masukkan perintah berikut:
apt-get install php5 php5-mysql php-pear php5-gd php5-mcrypt php5-curl php5-intl php5-xmlrpc php5-json

5. Kemudian masukkan perintah berkut:
nano /var/www/html/test.php

Maka akan muncul tampilan kosong. lalu isikan script php seperti gambar dibawah ini:


Lalu simpan perubahan, caranya tekan CTRL+X, ketikkan Y > enter.


6. Kemudian kita buka Browser lagi dan isikan pada url dengan ip server kita dan slash(/) script php yang kita buat tadi. jadi url : 10.10.121.3/test.php. maka akan tampil-tampilan seperti dibawah ini:


Nah, kita telah selesai mengkonfigurasi web server. silahkan mencoba sendiri dan semoga berhasil. terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat untuk untuk semua.

Post a Comment

0 Comments